unggul, inklusif dan humanis

serviens in lumine veritatis

bukan ilmu semata

Archives

Recent Comments

     

    Tentang SENANTI 2016

    Tema SENANTI 2016

    Perkembangan Berkelanjutan  di Kawasan Indonesia Timur

    Pembicara
    1. Hidayat Alhamid, Ph.D (Community Affairs  Manager BP Indonesia)
    2. dr. Tridia Sudirga Sp.KK, FINSDV (Pemerhati kesehatan dan pemberdayaan perempuan)
    3. Aloysius Gunadi Brata,  Ph.D. cand. (Peneliti PUSKIT  dan dosen UAJY)

    Penyelenggaraan Acara

    Tempat    : Auditorium Kampus 4 UAJY
    Hari/Tanggal    :  Sabtu , 04  Juni 2016
    Waktu         :  08.00 – selesai

    Pendaftaran

    Kampus 1: Marcel (081243156107)
    Kampus 2: Adityo (085292639996)
    Kampus 3: Mei  (082318204073)
    Kampus 4:  Deta (085737920999)

    Biaya Seminar
    IDR 10.000/ On the spot: IDR 15.000
    (include:  snack, makan siang, Sertifikat)
    KUOTA TERBATAS


    latar belakang

    Agenda Pembangunan Berkelanjutan 2015-2030 (Sustainable Development Goals/SDGs) telah disahkan di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) September 2015 lalu. Agenda tersebut bukan hanya merupakan rencana aksi bagi manusia, bumi dan kesejahteraan, namun juga untuk memperkuat perdamaian dunia. Diyakini bahwa pemberantasan kemiskinan dalam beragam bentuk dan dimensinya merupakah tantangan global terbesar dan tidak bisa ditawar-tawar sebagai syarat pembangunan berkelanjutan.

    Kesungguhan dalam melaksanakan SDGs yang secara keseluruhan mencakup 17 agenda dan 169 sasaran tersebut akan juga sangat menentukan apakah Indonesia mampu menyediakan kesejahteraan yang berkualitas dan adil bagi masyarakat. Pelaksanaan hal ini pada dasarnya menuntut keterlibatan seluruh stakeholder, mulai dari pemerintah sampai masyarakat sipil. Selain itu, dengan melihat fakta ketimpangan yang ada tidak bisa dipungkiri bahwa tantangan terbesar bagi Indonesia adalah pelaksanaan SDGs di kawasan Indonesia Timur. Banyak daerah di kawasan tersebut masih mengalami problem kemiskinan yang akut. Sejumlah provinsi di kawasan Timur ini tercatat memiliki tingkat kemiskinan yang relatif tinggi. Kualitas sumber daya manusia di kawasan ini, seperti diukur dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), juga masih cenderung berada di bawah IPM nasional. Hal-hal ini belum lagi ditambah dengan beragam bentuk ketertinggalan dalam banyak aspek kehidupan. Singkatnya, ketimpangan dan ketidakadilan di Indonesia Timur masih jauh dari teratasi.

    Melaksanakan SDGs di Indonesia Timur tentu bukanlah pekerjaan yang ringan dan bisa diharapkan berhasil dalam sekejap, terlebih dengan gambaran kompleksitas persoalan yang ada kawasan tersebut.  Identifikasi ulang persoalan pembangunan di Indonesia Timur kiranya harus dilakukan demi memperoleh landasan yang lebih tepat bagi pelaksanaan SGDs. Mempertimbangkan hal ini, PUSKIT UAJY akan mengadakan Seminar Nasional Indonesia Timur (SENANTI) 2016 dengan tema “Mengkaji ulang persoalan pembangunan di Indonesia Timur dalam kerangka Sustainable Development Goals”. Seminar Nasional ini akan dirangkai dengan Pameran Pembangunan dan Budaya untuk memberikan wawasan yang nyata dan utuh terhadap perkembangan wilayah dan masyarakat Indonesia Timur.

    Senanti 2016